Bahan Pengganti Garam

6 Rempah-Rempah Ini Ternyata Bisa Jadi Bahan Pengganti Garam Lho

Keberadaan garam di dapur bisa dikatakan hukumnya wajib untuk selalu ada. Setiap hari kita selalu menggunakan garam untuk berbagai menu masakan. Seakan-akan jika sebuah masakan tanpa garam terasa kurang lengkap dan sensasi rasanya tak lezat. Padahal asupan garam yang sebenarnya dibutuhkan untuk tubuh kita sangat sedikit. Jadi secara tidak langsung makanan sehari-hari yang kita konsumsi memiliki kandungan garam berlebih. Maka dari itu kami mengulas beberapa rempah yang bisa kamu jadikan bahan pengganti garam.

Menurut penelitian, batas maksimal konsumsi garam adalah 2.5 sendok teh atau 5 gram per hari. Jika melebihi itu, maka bisa memicu berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, stroke, hingga penyakit jantung. Padahal sebenarnya ada bahan lain berupa rempah yang bisa menggatikan peran garam. Apa saja rempah-rempahnya? Yuk simak aja ulasannya berikut ini!

Bawang Putih

Bahan Pengganti Garam
Image Source: resepkoki.id

Rempah terpopuler yang bisa menggantikan peran garam adalah bawang. Kami menyarankan kamu menggunakannya dalam bentuk bubuk. Bawang putih bubuk memiliki aroma dan rasa gurih khas sehingga bisa meningkatkan cita rasa masakanmu meski tanpa garam. Penggunaan bawang putih bubuk ini cukup fleksibel lho. Kamu bisa menambahkannya pada berbagai masakan seperti bubur, sup, sampai bumbu marinasi.

Lada

Rempah Lada
Image Source: hellodoc.com

Cita rasa pedas bisa dikatakan sebagai ciri khas banyak masakan di Indonesia. Bumbu yang biasa digunakan untuk menambah sensasi pedas adalah lada. Selain sensasi rasa pedas, lada juga bisa membuat hangat tenggorokan dan tak merubah rasa masakan teralu jauh dari rasa aslinya.

Di pasar atau supermarket, pada umumnya ada beberapa pilihan lada yang dijual. Mulai dari lada hijau, lada putih, hingga lada hitam. Ketiganya berasal dari tanaman yang sama. Pembedanya adalah cara pemetikan biji dan pengolahannya. Lada hijau memiliki sensasi rasa segar, lada hitam digunakan untuk meningkatkan cita rasa pada hidangan, sedangkan lada putih digunakan untuk memberikan efek hangat pada hidangan. Untuk kamu yang ingin rasa yang lebih pedas, gunakan lada hitam.

Jinten

Rempah Jinten
Image Source: bukalapak.com

Cumin atau yang lebih dikenal dengan nama jinten bisa memberikan aroma harum, sensasi hangat, dan rasa pedas pada setiap masakan. Memang penambahan jinten tak membuat suatu masakan terlalu pedas, tapi aroma yang dihasilkan bisa sangat kuat lho. Jadi, kamu bisa mengombinasikan dengan rempah lain jika ingin masakanmu memiliki rasa gurih, pedas, dan aroma yang kuat.

Pala

Rempah Pengganti Garam
Image Source: hellosehat.com

Bahan satu ini bisa dikatan rempah khas Indonesia yang paling populer di dunia. Rempah asli Pulau Banda ini memiliki tekstur yang keras dan bentuk yang lonjong. Maka dari itu kamu harus menghaluskan terlebih dahulu sebelum dimasak. Jika kamu ingin rasa dan aroma yang lebih kuat, bisa menggunakan biji pala yang tua. Selain aroma dan rasa yang kuat, kamu juga bisa mendapatkan rasa pedas, harum, manis, dan sensasi hangat saat memakannya lho.

Cabai

Cabai Rawit
Image Source: hellosehat.com

Mungkin kamu bingung yaa. Kok bisa rasa pedas dari cabai bisa menggantikan rasa asin garam? Ya tentu saja bisa kok. Sebenarnya cabai juga memiliki rasa asin alami seperti garam. Oleh karena itu, cabai menjadi pilihan utama untuk membuat masakan yang kaya cita rasa dan aroma yang kuat. Kamu bisa menambahkan cabai pada masakan dalam bentuk irisan, utuh, ataupun bubuk. Oia kamu bisa mengombinasikan cabai ini dengan ketumbar dan jintan lho jika ingin membuat masakan yang beraroma kuat, misalnya gulai.

Jahe

Rempah Pengganti Garam
Image Source: hellodoc.com

Bahan selanjutnya adalah jahe. Rempah satu ini bisa juga kok menciptakan rasa gurih pada suatu masakan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan sensasi rasa agak manis, agak pedas, dan aroma yang kuat saat mencapurkannya dalam masakan. Sebelum dicampurkan dalam suatu masakan, biasanya jahe ditumbuk, diparut atau dibakar terlebih dahulu.

Leave a Comment