Gula Bubuk

Cara Membuat Gula Halus Sendiri di Rumah, Mudah Kok!

Diantara jenis gula, salah satu yang punya manfaat lain selain menjadi pemanis adalah gula halus. Gula halus atau yang juga kita kenal dengan icing sugar memiliki bentuk bubuk yang berwarna putih. Gula satu ini lebih sering digunakan sebagai taburan roti atau kue. Oia, digunakan untuk frosting cupcake juga bisa. Meski jarang, gula halus terkadang digunakan sebagai bahan pemanis pengganti gula pasir karena sifatnya yang mudah larut dan membuat tekstur adonan lebih lembut.

Pada artikel kali ini, kami mengulas cara membuat gula halus secara sederhana. Kamu bisa membuat gula halus ini dari gula pasir. Lebih hemat kan, daripada beli di luaran sana. Yuk simak caranya berikut ini!

Bahan dan Alat:

Icing Sugar
Image Source: shutterstock.com
  • blender (Kalau bisa yang berdaya besar)
  • gula pasir atau gula kastor secukupnya
  • tepung jagung secukupnya

Cara Membuat Gula Halus:

Gula Bubuk
Image Source: shutterstock
  1. Siapkan blender, lalu bersihkan bagian dalamnya supaya tak ada kotoran yang ikut tercampur.
  2. Ambil gula pasir sekitar 400 gram. Jangan terlalu banyak karena dapat menghambat kinerja pisau pada blender. Masukkan dalam blender.
  3. Ambil 2 sdt atau 3 sdt atau 15 ml pati jagung. Jika terlalu banyak, maka kualitas dan rasa dari gula halus yang dihasilkan tak bagus. Masukkan dalam blender.
  4. Haluskan gula dalam blender sekitar 30 detik, lalu perhatikan hasilnya. Ulangi lagi beberapa kali lagi hingga tak ada kristal yang terlihat. Pada umumnya dengan volume perbandingan gula dan pati jagung diatas membutuhkan total waktu 2-3 menit.
  5. Tuangkan gula yang sudah halus di atas saringan yang rapat. Ayak sebentar untuk menghilangkan gumpalan.
  6. Masukkan dalam wadah yang kering dan tertutup. Simpan dalam tempat yang kering dan sejuk. Hindari menyimpan di tempat lembab ataupun di tempat yang bisa terpapar panas.

Tips Membuat Gula Halus:

Gula Halus
Image Source: shutterstock.com
  • Memberi jeda saat menghaluskan gula sangatlah penting. Hal ini dikarenakan gula bisa hangus jika diblender tanpa jeda terlalu lama.
  • Supaya hasil masakan lebih maksimal, kamu bisa melakukan pengayakan gula halus sesaat sebelum digunakan.
  • Lap bagian dalam blender dengan kain kering. Pastikan semua bagian blender kering. Hal ini dikarenakan suasana lembab pada alat seusai dicuci bisa mengakibatkan gula melekat dan membuat blender lengket.
  • Jika tujuan membuat gula halus untuk taburan, jangan lupa untuk sangrai pati jagung sebentar agar matang dan bisa langsung dikonsumsi.
  • Jika tujuan membuat gula halus untuk bahan kue, kondisikan komposisi perbandingan gula dan pati jagung pas supaya tak mempengaruhi rasa dari kue.
  • Jika kamu menghindari konsumsi olahan jagung, pati jagung bisa diganti dengan tepung ararut. Oia, gula pasir juga bisa kok diganti dengan gula kastor.
  • Gula bubuk bisa menyerap kelembapan udara lebih cepat. Maka dari itu simpan di tempat kering untuk memperlambat penggumpalan gula bubuk.

Demikian cara membuat gula halus secara sederhana di rumah. Kamu bisa langsung mencobanya di rumah. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Comment