Cara Membuat Saus Karamel

Cara Membuat Gula Karamel yang Enak dan Anti Gosong

Karamel merupakan salah satu produk turunan gula yang memiliki karakteristik unik. Mulai dari penampakannya yang berwarna coklat gelap, teksturnya yang lengket, berbau harum gula meleleh, serta rasa manis yang khas. Dulunya, gula karamel sangat populer dikalangan makanan penutup sebagai tambahan topping atau saus. Namun, saat ini gula karamel juga digunakan sebagai bahan tambahan dalam sebuah minuman ataupun es krim. Ada juga lho yang menambahkan gula karamel pada produk lain seperti biskuit, roti, cheesecake, hingga cookies.

Gula karamel dibentuk dari proses karamelisasi. Jenis gula karamel pun ada dua, yaitu karamel kering dan basah. Karamel kering terbuat dari gula yang dilelehkan dan memiliki tekstur yang keras. Sedangkan karamel basah diproses dengan cara memasak air dan gula. Tekstur dari karamel basah pun lebih lunak dan lengket.

Cara membuat gula karamel ini sebenarnya cukup mudah dan cepat, bahan pembuatnya pun bisa ditemukan di pasar atau toko dekat rumah dengan harga terjangkau. Namun, banyak orang yang gagal membuat gula karamel dengan kualitas bagus. Kebanyakan dari mereka hasilnya gosong, pahit, dan terlalu keras. Maka dari itu kita mengulas beberapa tips dan trik yang harus dilakukan supaya gula karamel yang dihasilkan enak dan layak disajikan. Selamat mencoba!

Cara Membuat Gula Karamel Basah

Cara Membuat Gula Karamel
Image Source: idntimes.com

Alat-alat:

panci
kuas kecil
segelas kecil air hangat
termometer dapur
sendok kayu

Bahan-bahan:

gula pasir
air dingin
air lemon

Cara Membuat Gula Karamel Basah:

Masukkan gula ke dalam panci, lalu tambahkan air dingin. Takaran air dingin yang digunakan adalah setengah dari gula yang digunakan. Masak panci di atas kompor dengan api sedang.
Saat proses memasak gula, jangan lupa untuk terus mengaduk gula dengan sendok kayu. Usahakan saat mengaduk gerakannya konsisten supaya panas merata dan gula tak menggumpal.
Selama proses pengadukan, sesekali sisihkan gula yang menempel di sisi panci supaya kembali ke dalam larutan gula.
Setelah gula mencair menjadi larutan, masukkan satu sendok teh air lemon ke dalam panci. Lemon akan mencegah gula mengkristal.
Masak larutan gula sekitar 9-10 menit. Rubah set kompor menjadi api kecil. Biarkan larutan gula masak tanpa adanya pengadukan hingga ada perubahan menjadi karamel.
Jika menginginkan tekstur karamel cair yang sempurna, periksa temperatur gula. Saat suhu mencapai 171-177 °C, matikan api dan pindahkan gula karamel ke dalam wadah kedap udara. Pada suhu tersebut gulanya akan berwarna keemasan.

Cara Membuat Gula Karamel
Image Source: idntimes.com

Tips Membuat Gula Karamel Anti Gagal:

Gunakan wajan atau panci berbahan besi atau alumnium yang tebal supaya panas bisa didistribusikan merata pada semua sisi dengan baik.
Kamu juga bisa menggunakan yang berbahan teflon supaya karamel tak berkerak dan menempal pada permukaan.
Sebelum menggunakan panci, bersihkan bagian dasarnya. Jika dasar panci ada endapan, dikhawatirkan kristal gula terbentuk diarea endapan itu.
Semua jenis gula pasir bisa digunakan untuk membuat karamel. Gula yang butirannya kasar bisa membuat aroma karamel yang lebih harum. Sedangkan yang butirannya halus bisa mempercepat proses pembuatan.
Saat proses awal melelehkan gula, jangan menggunakan api besar. Hal ini dapat membuat gula menjadi hangus selama proses pemasakan.
Supaya tak ada kristal gula yang bisa merusak proses pelelehan gula, saat proses memasak sesekali olesi sisi panci yang masih ada gula dengan kuas yang sudah dicelupkan air panas.
Selama proses memasak larutan gula menjadi karamel (9-10 menit), jangan sampai mengaduknya supaya tak terbentuk formasi kristal.
Jika gula karamel yang kamu buat terlanjut menggumpal, tambahkan sedikit air dan teruskan untuk memasak hingga teksturnya lebih cair.

Cara Membuat Gula Karamel Kering

Cara Membuat Saus Karamel
Image Source: resepkoki.id

Bahan-bahan:

225 gram gula pasir
air secukupnya

Cara Membuat Gula Karamel Kering Sederhana

Masukkan gula pasir di atas wajan datar. Lalu panaskan gula dengan set api kecil hingga mencair.
Diamkan gula tanpa mengaduk. Cukup goyangkan panci saja supaya gula dan panas merata. Jika diaduk, gula akan menggumpal dan lengket.
Setelah gula larut dan tepi gula berwarna coklat keemasan, matikan api. Kamu juga bisa menggunakan termoter. Angkat panci saat suhu berada pada 168° C.
Meski api sudah dimatikan, proses pemanasannya masih berjalan. Maka dari itu rendam panci dalam air untuk menghentikan proses pemanasan.
Pindahkan karamel dalam wadah kedap udara sebelum teksturnya memadat dan keras.

Mudah bukan cara membuat gula karamel? Oia, jangan lupa untuk menyimpan gula karamel buatanmu pada suhu kamar ya, supaya kualitasnya terjaga. Selamat mencoba!

Leave a Comment