Gula Aren

Cara Memilih dan Menyimpan Gula Merah Supaya Awet dan Tahan Lama

Gula merah atau yang lebih dikenal dengan nama gula jawa merupakan salah satu varian gula yang sangat populer di dunia kuliner. Peran dari gula jawa ini sangat penting dalam setiap makanan atau minuman yang dihidangkan. Hal ini dikarenakan gula jawa memiliki rasa dan aroma yang khas dan sulit untuk digantikan oleh pemanis lain.

Sayangnya, bahan pemanis satu ini mudah rusak jika kamu tak teliti saat membeli dan lalai ketika menyimpannya. Nah, maka dari itu kami mengulas beberapa panduan yang bisa kamu coba supaya gula merahmu lebih awet dan ciri khas rasanya terjaga.

Cara Memilih Gula Merah

  • Warna

Pertama kali yang dilihat saat akan membeli gula merah adalah penampakan luarnya. Tanda gula merah itu berkualitas adalah memiliki warna coklat yang merata. Sebisa mungkin hindari gula yang warnanya kusam, memiliki bercak, permukaan yang kotor, dan warna yang tak merata.

  • Tekstur dan Aroma

Kamu harus bisa mengenali tekstur dan aroma gula merah yang berkualitas. Ciri gula merah berkualitas adalah teksturnya padat, bentuk utuh, dan kering. Pastikan juga aroma gula merahnya wangi dan segar. Jika ada sedikit bau asam, jangan dibeli karena gula merah tersebut kemungkinan besar sudah ada tambahan bahan kimiawi.

  • Kemasan

Kemasan gula merah terbaik yang bisa kamu beli adalah kemasan tradisional. Biasanya cirinya adalah gula merahnya ditata bersusun, dibungkus dengan daun salak, dan diikat dengan tali yang berasal dari bambu. Namun, saat ini sangat sulit menemukan gula merah berkemasan tradisional seperti ini. Kebanyakan para penjual menjajakan gula merah dengan kemasan plastik.

  • Frekuensi Memasak

Hal yang yang tak kalah penting sebelum membeli gula merah adalah kamu harus menakar berapa banyak kebutuhan gula merah yang digunakan untuk memasak dan frekuensinya. Hal ini bertujuan supaya tak ada gula merah yang terbuang karena rusak akibat disimpan terlalu lama. Sebab, gula merah akan perlahan-lahan mengalami penurunan kualitas dan rentan rusak seiring dengan waktu disimpannya meski cara menyimpannya sudah baik.

Cara Menyimpan Gula Merah

  • Simpan gula merah di wadah atau toples yang tak ada sirkulasi udara dan memiliki penutup yang benar-benar rapat. Lalu letakkan di tempat yang bersuhu ruang.
  • Beri beberapa butir cengkeh dalam tempat toples atau wadah menyimpan gula yang bertujuan untuk mencegah semut mendatangi gula merah. Hal ini dikarenakan bau cengkeh sangat tajam dan tak disukai serangga, khususnya semut.
  • Jika kamu masih khawatir akan perubahan suhu naik turun yang mengakibatkan gula meleleh, kamu bisa memasukkan toples gula merah ke dalam freezer. Kamu juga tak perlu menambahkan cengkeh, karena serangga tak akan masuk.

Bagaimana, sudah paham kan bagaimana cara memilih dan menyimpan gula merah? Oia untuk yang tak mau ribet dalam menyimpannya, kamu bisa lho cukup membeli sesuai kebutuhan dan langsung dipakai. Jadi semua bahan masakanmu benar-benar fresh. Semoga bermanfaat yaa.

Leave a Comment