Cara Menyimpan garam

Cara Menyimpan Garam Supaya Tahan Lama dan Kualitas Terjaga

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang paling sering digunakan saat memasak aneka makanan. Selain manfaatnya sebagai bahan penyedap makanan, garam juga memiliki peran untuk mengatasi masalah gizi. Meski memiliki peran yang sangat vital, tak jarang dari kita kurang memerhatikan bagaimana cara menyimpan garam yang baik dan benar.

Seringkali kita abai perihal menyimpan bumbu dapur, tak terkecuali garam. Padahal menyimpan garam ada aturannya lho. Penyimpanan garam yang kurang tepat bisa menyebabkan kerusakan pada kondisi penampakan garam seperti teksturnya yang berair hingga kandungan yodium yang hilang pada garam. Jika garam sudah rusak, cita rasa masakan yang dihasilkan juga tak maksimal.

Maka dari itu kami mengulas beberapa tips dan cara menyimpan garam supaya tahan lama dan kualitas tetap terjaga. Selamat membaca!

Sediakan Wadah Khusus Untuk Penyimpanan Garam

Cara Menyimpan Garam
Image Source: id.carousel.com

Sebisa mungkin jangan sampai menggunakan garam langsung pada plastik atau kemasan bawaannya. Jadi seusai membeli garam di pasar, usahakan langsung memindahkan garam ke dalam wadah khusus.

Kriteria wadah penyimpanan garam yang baik adalah terbuat dari bahan yang kokoh, tak tembus cahaya atau transparan. Untuk jenis kemasannya bebas, bisa terbuat dari bahan keramik, kaca, ataupun plastik. Yang terpenting kedua syarat di atas terpenuhi.

Wadah Harus Tertutup Rapat

Image Source: doktersehat.com

Pilih wadah yang penutupnya mudah dibuka dan ditutup. Tapi yang terpenting adalah saat ditutup, kondisinya rapat dan kedap udara. Oia, setiap menggunakan garam, pastikan wadah selalu ditutup rapat. Hal ini bertujuan untuk mencegah masuknya udara dalam wadah yang bisa merusak tekstur dan kualitas garam.

Pastikan Wadah Kering

Cara Menyimpan Garam
Image Source: id.carousel.com

Sebelum memasukkan garam dalam wadah, pastikan kondisinya sudah bersih dan kering. Selain itu, gunakan sendok khusus saat mengambil garam. Hal ini bertujuan untuk menjaga wadah dan garam tetap kering. Jika kondisi wadah dalam keadaan basah dan langsung terisi garam, maka bisa dipastikan bahwa tekstur garam akan rusak berubah menjadi cair. Kandungan yodiumnya pun otomatis rusak.

Simpan di Tempat yang Ideal

Cara Menyimpan Garam
Image Source: parenting.orami.co.id

Tempat yang paling ideal untuk menyimpan garam adalah tempat kering yang bersuhu ruang. Pastikan juga tempatnya tak dekat dengan kompor ataupun tempat terbuka yang bisa terpapar sinar matahari. Suhu panas bisa membuat garam berair dan merusak kandungan yodium di dalam garam.

Bagaimana, sudah paham ya cara menyimpan garam yang baik? Sekali lagi kami tekankan bahwa di dalam garam ada kandungan yodium yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Jadi meski sedikit ribet, tak ada salahnya jika kamu menerapkan beberapa tips di atas supaya kualitas garam terjaga.

Leave a Comment