Masakan Terlalu Asin

Masakan Terlalu Asin? Yuk Simak 7 Cara Cerdas Untuk Menyelamatkannya

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki peran penting dalam setiap masakan. Pengaruhnya menentukan kelezatan sebuah makanan juga sangat kuat. Maka dari itu takaran garam yang ditambahkan saat memasak juga harus kita perhatikan. Jika salah perhitungan, masakan kita akan memiliki rasa terlalu asin atau justru hambar.

Untuk kamu yang baru belajar memasak, persoalan terlalu hambar atau keasinan mungkin kerap kamu alami. Namun jangan khawatir, masakanmu tetap bisa diselamatkan kok. Tak perlu membuang masakan, kamu hanya perlu mengikuti beberapa tips untuk mengoreksi rasa asin pada masakan di bawah ini. Selamat mencoba!

Ambil Lagi Secara Perlahan

Tips pertama dan termudah untuk mengurangi rasa asin pada semua masakan adalah ambil kembali garam dengan centong besar di tempat dimana ia ditambahkan. Jika masakannya berkuah maka ambil dengan pelan. Oia, cara ini hanya berlaku jika kuah belum diaduk lagi setelah menambahkan garam. Jika rasa masakan masih teralalu asin, maka beberapa cara di bawah ini bisa membantu.

Tambahkan Krim

Menambahkan krim pada masakan terlalu asin
Image Source: hellosehat.com

Bahan pangan yang bentuknya krim seperti yogurt dan susu bisa menetralkan dan mengurangi rasa asin berlebih pada beberapa masakan seperti kari ayam atau mac and cheese. Cara pengaplikasiannya adalah hanya dengan menambahkan bahan krim secukupnya ke dalam makanan saat proses pemasakannya. Penambahan krim dilakukan saat masakan masih berbentuk cair yaa. Oia selain yogurt dan susu, produk yang bisa menetralkan rasa asin adalah keju bersodium rendah, sour cream, hingga plain yogurt.

Tambahkan Air atau Larutan

Menambahkan Air
Image Source: hipwee.com

Tips selanjutnya adalah menambahkan sedikit air atau kuah kaldu ke dalam masakan. Adanya tambahan air dan kaldu dalam masakan bisa mengurangi rasa asin yang berlebihan. Selain air dan kaldu, kamu bisa lho menambahkan larutan tepung maizena. Kuah masakan yang mengental karena tepung ini bisa membuat rasa asin terserap.

Untuk masakan bersantan, kamu bisa menuangkan lagi sisa santan sedikit demi sedikit untuk menyeimbangkan rasa. Dari semua bahan tambahan di atas, yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai penambahannya berlebihan sehingga menyebabkan masakan menjadi hambar dan merusak cita rasa hidangan.

Tambahkan Rasa Asam

Menambahkan air asam pada masakan terlalu asin
Image Source: hellosehat.com

Sama seperti asin, rasa asam adalah cita rasa penting yang bisa mempengaruhi suatu masakan. Maka dari itu dengan cara menambahkan rasa asam bisa mengoreksi masakan yang terlalu asin. Biasanya sumber rasa asam yang biasa digunakan berasal dari air jeruk lemon, air jeruk nipis, cuka hingga air asam Jawa.

Metode satu ini memang tak bisa mengurangi rasa asin secara drastis, tapi bisa menutupi dan menyeimbangkan dengan rasa asam yang menyegarkan. Cara mengaplikasan metode ini adalah cukup tambahkan air asam sedikit demi sedikit sambil diaduk merata dan dicicipi. Jika terlalu banyak memasukkan air asam, kamu akan sulit mengontrolnya dan dikhawatirkan masakan cenderung terasa asam.

Menambahkan Gula

Menambahkan Gula
Image Source: kumparan.com

Selain rasa asam, rasa manis pun bisa menyeimbanhkan rasa asin yang berlebih pada sebuah masakan. Caranya pun sama. Kamu hanya perlu menaburkan sedikit demi sedikit gula pada masakan sambil diaduk. Kemudian rasakan kuahnya. Jika dirasa masih terlalu asin, tambahkan lagi gula hingga rasanya pas. Menaburkan banyak gula dalam satu waktu malah bisa membuat rasa masakan menjadi terlalu manis.

Menambahkan Porsi Masakan

Menambahkan porsi pada masakan terlalu asin
Image Source: kulina.com

Cara satu ini berlaku jika kamu masih memiliki bahan baku banyak ya. Kamu hanya perlu menggandakan bahan masakan dalam resepnya. Misalnya, kamu membuat nasi goreng atau mie goreng jawa. Jika satu porsi yang kamu buat keasinan, maka kamu bisa menambah porsi nasi, mie, dan beberapa sayuran pelengkap tanpa tambahan garam.

Netralkan dengan Kentang

Menambahkan Kentang
Image Source: idntimes.com

Metode satu ini cukup efektif untuk menetralkan rasa asin dalam suatu masakan. Caranya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu membersihkan kulit kentang, lalu potong kentang dengan ukuran tipis. Lanjutkan dengan taruh kentang tipis ke bagian dasar masakan. Setelah itu diamkan beberapa saat hingga permukaan kentang berubah transparan. Adanya perubahan pada kentang itu menandakan bahwa garam telah terserap dalam kentang. Langka terakhir adalah ambil dan sisihkan kentang dari dalam masakan.

Dari semua tips trik menanggulangi masakan yang terlalu asin di atas, ada satu kata kunci yang harus kamu perhatikan, yaitu kroscek rasa. Setelah menambahkan bahan-bahan yang bisa menormalkan rasa masakan yang terlalu asin, kamu juga harus memastikannya lagi sebelum disajikan. Pastikan bahwa cita rasa masakan pas, tak ada yang keasinan, terlalu asm, atau bahkan terlalu manis.

Leave a Comment