Kecap Ikan

Mau Mengurangi Konsumsi Garam? Cobain 7 Bahan Alternatif Garam Ini

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa membuat cita rasa sebuah masakan lebih sedap dan gurih. Maka tak heran jika hukumnya wajib bagi garam untuk selalu ada di dapur. Tapi nyatanya meski selalu dijadikan bumbu dalam masakan, tubuh kita hanya membutuhkan garam dalam jumlah yang sangat sedikit. Konsumsi garam yang berlebihan, bisa membuatmu rentan terserang hipertensi yang memicu penyakit serius, seperti serangan jantung dan stroke.

Tapi kamu tak perlu lagi khawatir. Disini kami mengulas beberapa bahan alternatif yang bisa menggantikan peran garam. Harapannya, melalui beberapa bahan ini bisa mengurangi asupan dalam garam dalam tubuh. Mengenai rasanya juga tak kalah kok. Kamu tak akan kehilangan cita rasa sedap dan gurih pada masakanmu. Apa saja bahannya, yuk simak ulasannya berikut ini!

Saus Tiram

Saus Tiram Enak
Image Source: masakpaaya.com

Bahan yang pertama adala saus tiram yang terbuat dari tiram. Bahan satu ini memiliki warna hitam dan tekstur yang kental. Bagaimana dengan rasanya? Tentunya gurih dan asin. Meski begitu, dalam proses pembuatannya, saus tiram tak menggunakan tambahan garam, micin, dan bahan pengawet lho. Oia selain dalam bentuk cairan saja, kamu bisa menemukan saus tiram yang di dalamnya ada potongan daging tiram kecil-kecil. Dicoba aja, dijamin masakanmu tambah lezat.

Kecap Asin

Kecap Asin
Image Source: masakpaaya.com

Selain kecap yang rasanya manis, ada juga kecap yang memiliki rasa asin. Pembeda kecap asin dengan kecap manis adalah pada rasa, tekstur, dan pengolahan. Untuk rasa, dari namanya kamu pasti sudah paham. Sedangkan dari segi tekstur, kecap manis bertekstur kental. Sedangkan kecap asin bertekstur cair.

Dari segi bahan baku, memang keduanya menggunakan kedelai hitam. Namun untuk kecap asin, saat pengolahannya hasil fermentasi ditambahkan garam. Dalam penggunaannya, kecap asin ini sangat cocok menggantikan garam untuk menu masakan oriental, olahan sup, hingga tumisan. Oia, meski tak menggunakan garam, masakanmu tetap sedap kok dengan kecap asin.

Kecap Ikan

Kecap Ikan
Image Source: food.detik.com

Sama seperti saus tiram dan kecap asin yang sudah kita bahas di atas, kecap ikan ini juga cocok lho digunakan sebagai pengganti garam untuk membuat aneka masakan oriental. Ciri khas rasa gurih dan asin kecap ikan ini bisa menambah kesedapan masakanmu. Dijamin nagih!

Ikan Asin

Ikan Asin Terbaik
Image Source: tokopedia.com

Bahan alteranatif pengganti garam selanjutnya adalah ikan asin. Dari namanya saja sudah bisa kita ketahui bagaimana rasa bahan satiu ini. Dalam proses pembuatannya, ikan asin diberi garam dengan jumlah yang tak sedikit. Lalu dijemur hingga mengering.

Oia meski rasanya sangat asin, menggunakan ikan asin sebagai sumber rasa gurih tetap lebih baik lho daripada menggunakan garam. Cara penggunaanya pun simpel. Kamu hanya perlu menggoreng ikan asin yang sudah garing. Lalu tumbuk hingga halus sesuai selera. Taburkan bubuk ikan asin pada masakan. Hmm, sudah terbayang kan lezatnya?

Kaldu Bumbu

Kaldu Bubuk
Image Source: bukareview.com

Dibandingkan dengan bahan alternatif pengganti garam yang lain, kaldu bubuk tergolong sering digunakan dalam berbagai masakan, mulai dari tumisan, kukus, bakar, sup, hingga goreng. Jika berbicara mengenai rasa, masakan yang menggunakan kaldu bubuk juga tak kalah lezat kok.

Kecap Inggris

Kecap Inggris
Image Source: masakpaaya.com

Kecap satu ini juga bisa lho kamu gunakan sebagai bahan alternatif untuk mengurangi konsumsi garam. Kecap inggris memiliki rasa asin gurih. Ya bisa dikatakan mirip dengan kecap asin. Tapi memiliki aroma yang lebih khas. Cara penggunaan kecap ini pun cukup sederhana. Sebelum menuangkan ke dalam masakan, kamu bisa mencampurkan dan melarutkannya dengan air (takaran ΒΌ dari jumlah kecap inggirs). Oia jika ingin masakanmu lebih sedap, tak ada salahnya jika kamu menambahkan sedikit saja merica.

Margarin

Margarin Terbaik
Image Source: sajiansedap.grid.id

Bahan alternatif pengganti garam yang terakhir adalah margarin. Banyak orang yang masih bingung apa beda margarin dengan mentega. Padahal kedua jenis bahan tersebut memiliki bahan baku pembuatan yang berbeda lho. Jika mentega berasal dari lemak hewani, maka margarin berasal dari lemak nabati. Bahan baku pembuatan margarin adalah minyak sayur, air, garam, dan emulsifier. Jadi saat memasak, kamu hanya menggunakan margarin tanpa garam, itu sudah cukup kok. Masakanmu tetap lezat.

Bagaimana, sudah tau kan bahan alternatif pengganti garam? Yuk kita sama-sama mengurangi konsumsi garam supaya tubuh lebih sehat. Selamat mencoba!

Leave a Comment