Resep Kue Carabikang Enak

Resep Kue Carabikang Mawar yang Merekahnya Istimewa

Kue carabikang merupakan jajanan khas daerah Semarang yang terbuat dari tepung terigu, tepung beras, pandan, dan santan. Rasa dan tekstur yang khas membuat setiap orang yang mencicipinya susah berhenti. Resep kue carabikang ini tergolong resep yang gampang gampang susah. Jika salah satu stepnya tak dilakukan dengan baik, maka hasilnya bisa tak sesuai harapan.

Oia, jika dilihat sekilas, kue carabikang ini tak jauh berbeda dengan beberapa kue khas nusantara lain seperti kue apem dan bika ambon. Dilihat dari tekstur bergaris mekar seperti bika ambon. Sedangkan bentuknya seperti kue serabi. Pembedanya adalah pada cita rasanya, yang mana kue carabikang memiliki rasa asin, manis, dan aroma yang lebih kuat.

Penasaran kan dengan cara membuat kue carabikang yang enak? Yuk langsung simak resepnya di bawah ini!

Resep Kue Carabikang Mawar

Resep-Kue-Carabikang
Image Source: resepkoki.id

Bahan-bahan:

  • 260 gram tepung beras
  • 70 gram tepung terigu protein sedang
  • 35 gram tepung tapioka
  • 260 gram gula pasir
  • 800 ml santan kental
  • 1 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan
  • pewarna hijau dan coklat secukupnya

Cara Membuat Kue Carabikang Mawar:

  1. Masukkan gula pasir, tepung tapioka, tepung terigu, dan tepung beras ke dalam wadah. Aduk hingga tercampur merata.
  2. Masukkan daun pandan, santan, dan garam ke dalam panci. Nyalakan api sedang, lalu aduk-aduk supaya santan tak pecah. Rebus hingga mendidih.
  3. Tuangkan separuh santan saat masih panas ke dalam campuran tepung. Lalu mixer dengan kecepatan sedang sampai tak bergerindil. Tuangkan semua sisa santan, mixer lagi selama 15 menit hingga merata.
  4. Pastikan adonan memiliki tekstur sedang. Tidak encer, juga tidak kental. Lalu bagi adonan menjadi tiga bagian. Lanjutkan dengan pemberian warna hijau dan coklat, dan biarkan satu adonan tanpa warna.
  5. Panaskan cetakan dengan api sedang. Jika cetakan sudah benar-benar panas, tuangkan adonan secara berurutan. 1 sdm adonan coklat, 1 sdm adonan hijau, 1 sdm adonan putih.
  6. Saat menunggu adonan matang, biarkan hingga permukaan kering dan berlubang-lubang. Tidak perlu merubah besarnya api.
  7. Jika sudah matang, angkat carabikang dengan cara dicungkil perlahan-perlahan dari tepian agar kue mekar.

Tips Membuat Kue Carabikang Anti Gagal:

  1. Jika ingin carabikang mekarnya seperti mawar, letakan carabikang di atas botol usai diangkat dari cetakan. Lalu cetak tengahnya dengan tutup botol. Lanjutkan dengan mekarkan setiap sisinya hingga nampak serat kue carabikang.
  2. Pastikan kekentalan adonan pas. Jika terlalu kental maka akan susah bersarang.
  3. Pastikan kondisi cetakan benar-benar panas, baru tuangkan adonan. Jika cetakan kurang panas, tidak akan bersarang.
  4. Tanda cetakan yang sudah panas adalah saat diberi cipratan air, buliran air akan terbentuk dan melompat di atas cetakan.

Sudah paham kan bagaimana cara membuat kue carabikang? Yuk langsung saja praktikkan dan jangan sampai lupa tips yang sudah kami berikan.

Selain kue carabikang kamu juga bisa mencoba beberapa kue lezat dari kami: resep kue kukus, resep kue gandasturi, dan resep serabi Bandung. Di dalamnya kami juga mengulas beberapa tips supaya kue buatanmu enak dan anti gagal. Semoga mencoba!

Leave a Comment