Waktu Memasukkan Garam yang Tepat

Waktu Menambahkan Garam yang Tepat Saat Memasak, Kamu Wajib Tau!

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang keberadaannya sangat penting di dapur. Kenapa? Ya karena garam memiliki peran untuk memengaruhi cita rasa suatu masakan. Maka dari itu menambahkan garam pada suatu masakan membutuhkan trik yang tepat. Jika timing (waktu menambahkan garam) dan takaran yang diberikan tidak pas, maka cita rasa tak akan sesuai harapan.

Untuk rasa, cara mengetahuinya cukup mudah. Setelah menambahkan sedikit garam pada masakan, kita bisa mengetahui tingkat keasinan hanya dengan mencicipinya. Kita juga bisa menambahkan garam hingga mendapat rasa sesuai keinginan. Sedangkan waktu menambahkan garam, tak banyak orang yang tahu. Terkadang ada garam yang meninggalkan tekstur kristal saat dimasak. Ada pula yang garamnya tak tercampur dengan baik.

Maka dari itu penting bagi kita mengetahui waktu yang pas untuk menambahkan garam supaya hidangan terasa lebih lezat. Untuk panduannya, yuk cek ulasan di bawah ini!

Waktu Menambahkan Garam pada Daging

Waktu Menambahkan Garam Pada Daging
Image Source: shutterstcok.com

Jika kamu suka membuat masakan berbahan dasar daging yang menggunakan banyak rempah, tips ini harus kamu perhatikan supaya cita rasa masakanmu lezat. Aturannya adalah jangan menambahkan garam saat baru mulai memasak daging. Hal ini dikarenakan daging akan mengerut saat awal proses dimasak. Saat itu pula daging tak bisa menyerap bumbu dengan baik, termasuk garam.

Maka dari itu solusi yang tepat adalah menambahkan garam saat daging masih mentah bersamaan dengan bumbu kering lain sehingga bumbu akan terserap dengan baik dan memiliki cita rasa yang kuat. Untuk daging ayam maupun sapi, caranya adalah larutkan garam dengan air secukupnya, lalu tuangkan secara merata pada daging.

Waktu Menambahkan Garam pada Sup

Resep Sop yang Gurihnya Pas
Image Source: idntimes.com

Memastikan garam tersebar dan meresap secara merata pada hidangan berkuah sangatlah penting karena yang pertama kali dicoba pada hidangan ini adalah kuahnya. Maka dari itu kamu bisa menambahkan garam saat awal memasak. Garam yang dimasukkan di awal, bisa menghasilkan rasa yang lebih merata.

Apabila di awal kamu lupa menambahkan garam, jangan khawatir. Garam adalah bahan yang mudah larut air sehingga cepat untuk menyatu dengan kuah. Maka kamu hanya perlu melarutkan garam dengan sedikit air. Lalu masukkan larutan garam ke dalam sup. Selanjutnya adalah kamu harus memastikan cita rasa yang pas. Jika kurang asin, kamu bisa menambahkan larutan garam lagi.

Waktu Menambahkan Garam pada Nasi atau Pasta

Waktu Menambahkan Garam Pada Pasta dan Nasi
Image Source: masaktv

Makanan yang terbuat dari bahan pati juga membutuhkan garam untuk menambah rasa lho. Kamu bisa menambahkan sejumput garam sesuai selera pada air mendidih saat kamu merebus pasta atau nasi. Lakukan penambahan garam di saat proses awal memasak. Jika garam ditambahkan di akhir maka akan membuatnya mengristal. Selain itu rasa dari pasta atau nasi tak akan merata dan tetap hambar.

Waktu Menambahkan Garam pada Kacang-kacangan

Waktu Menambahkan Garam pada Kacang Merah
Image Source: primarasa.com

Selanjutnya adalah kacang-kacangan. Biasanya sebelum dimasak, kacang-kacangan direndam semalaman. Nah saat tekstur kacang sudah melunak, kamu bisa menambahkan garam sesuai selera. Hindari menambahkan garam saat kacang-kacangan dimasak. Hal ini dapat menyebabkan tekstur dari kacang menjadi keras.

Waktu Menambahkan Garam pada Tumisan Sayur

Menambahkan garam pada sayuran
Image Source: selerasa.com

Untuk tips yang terakhir adalah tumisan sayur. Pada tumisan sayur, kami menyarankan untuk menambahkan garam saat akhir proses memasak supaya tumisan lenih kental dan gurihnya pas. Jika menambahkan garam saat awal memasak maka sayur yang kamu tumis teksturnya sangat lembek. Kenapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan garam dapat menyerap kandungan air dalam sayur lebih cepat dan membuat teksturnya melunak. Tips ini sangat cocok untuk sayuran yang memiliki kadar air tinggi seperti tomat dan jamur.

Bagaimana, kamu sudah tau waktu menambahkan garam yang pas kan? Yuk praktikkan ilmunya biar masakanmu lebih lezat. Oia, meski memberikan garam bisa meningkatkan cita rasa makananmu, tetap batasi dan kontrol penggunaan garam dalam masakanmu yaa, supaya kesehatanmu terjaga.

Leave a Comment